taman

taman

Selasa, 13 Januari 2015

Animasi Blender3D

APLIKASI AUGMENTED REALITY KATALOG RANCANGAN BUSANA BERBASIS DESKTOP


CARA PEMBUATAN OBJEK


 

 RUANG LINGKUP

Penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yaitu membahas mengenai penggunaan platform Augmented Reality yang akan diimplementasikan pada katalog rancangan busana berbasis desktop.
Penulis membuat delapan busana anak muda masa kini, untuk pria dan wanita yang diperagakan oleh objek dalam bentuk tiga dimensi.
Implementasi menggunakan platform software Blender-2.70-windows32.exe dan OpenSpace3D Editor:1.6.4.
Dalam penggunaan aplikasi ini, user dapat melihat display busana yang dapat diproses secara interaktif.

TUJUAN PENULISAN

Penulisan ini bertujuan untuk menampilkan Augmented Reality rancangan busana yang dikemas dalam bentuk katalog busana. Diharapkan pengguna dapat melihat hasil rancangan busana lebih real, memberikan kesan interaktif, dan kreatif.
ALUR PELAKSANAAN
 

Keterangan gambar :
·          Start merupakan awal pelaksanaan.
·          Studi Literatur merupakan tahap mempelajari dasar-dasar teori dari literatur mengenai Augmented Reality, OpenSpace3D, dan Blender.
·          Analisis Kebutuhan merupakan tahap inventarisasi kebutuhan, yang termasuk di dalamnya berupa hal-hal yang berkaitan dengan desain busana.
·          Pembuatan Objek 3 dimensi merupakan tahap pembuatan objek-objek 3 dimensi yang diperlukan dengan menggunakan software Blender.
·          Proses Export merupakan tahap mengubah file objek-objek 3 dimensi berekstensi .blend menjadi file berekstensi .mesh.
·          Perancangan Aplikasi merupakan tahap pembuatan aplikasi dengan menggunakan objek-objek yang telah dibuat.
·          Perancangan Marker merupakan tahap pengaturan marker-marker yang digunakan serta peletakan posisi setiap marker.
·          Proses Uji Coba merupakan tahap pengujian aplikasi yang telah dibuat. Jika masih ada kesalahan, akan diperbaiki kembali pada tahap perancangan aplikasi. Jika sudah tidak ada kesalahan, pelaksanaan selesai.
End merupakan akhir pelaksanaan.
 SKEMA APLIKASI

Skema tersebut memperlihatkan alur dari maket katalog busana yang terbagi menjadi dua bagian yaitu dalam bentuk fisik (katalog busana) dan aplikasi Augmented Reality dimana keduanya saling melengkapi. Dapat dilihat juga komponen yang harus dibuat yaitu marker, pattern, dan obyek tiga dimensi. Pada tahap awal, marker akan dibaca dan dideteksi sebagai sebuah pattern (pola) yang akan memanggil obyek 3 dimensi sesuai dengan id dari pattern tersebut sehingga akan memunculkan video output secara real time, proses tersebut diulang sehingga satu marker berkorespondensi dengan satu pattern, dan satu pattern berkorespondensi dengan satu objek 3 dimesi.

OUTPUT

TAMPILAN KATALOG

-COVER
 
-ISI

 


TAMPILAN AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN MARKER




KESIMPULN 
Aplikasi Augmented Reality katalog rancangan busana berbasis desktop telah berhasil dibuat oleh penulis dengan di tampilkan pada alamat blog berikut: 
Dan merupakan media display yang menarik, seperti penggunannya pada katalog busana, pengguna dapat melihat hasil rancangan busana lebih real, serta memberikan kesan interaktif, dan kreatif. 

 SARAN


Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan pada penulisan ini dan masih perlu dilakukan pengembangan. Pembuatan visualisasi model busana ini masih sederhana, belum mencapai hasil objek secara nyata. Selain itu objek yang ditampilkan terbatas. 

Saran dari penulis, visualisasi model busana memerlukan pengembangan dalam beberapa hal khususnya penggunaan software untuk modeling yang khusus untuk mendesain busana, dan sebaiknya tidak menggunakan kertas yang terlalu mengilap agar memudahkan dalam proses pendeteksian pola pada marker. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar