CARA PEMBUATAN OBJEK
RUANG LINGKUP
Penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yaitu
membahas mengenai penggunaan platform Augmented Reality yang akan
diimplementasikan pada katalog rancangan busana berbasis desktop.
Penulis membuat delapan busana anak muda masa
kini, untuk pria dan wanita yang diperagakan oleh objek dalam bentuk tiga
dimensi.
Implementasi menggunakan platform software
Blender-2.70-windows32.exe dan OpenSpace3D Editor:1.6.4.
Dalam penggunaan aplikasi ini, user dapat
melihat display busana yang dapat diproses secara interaktif.
TUJUAN PENULISAN
Penulisan ini bertujuan untuk menampilkan Augmented
Reality rancangan busana yang dikemas dalam bentuk katalog busana.
Diharapkan pengguna dapat melihat hasil rancangan busana lebih real,
memberikan kesan interaktif, dan kreatif.
ALUR PELAKSANAAN
Keterangan
gambar :
·
Start
merupakan awal pelaksanaan.
·
Studi Literatur merupakan
tahap mempelajari dasar-dasar teori dari literatur mengenai Augmented Reality,
OpenSpace3D, dan Blender.
·
Analisis Kebutuhan merupakan
tahap inventarisasi kebutuhan, yang termasuk di dalamnya berupa hal-hal yang
berkaitan dengan desain busana.
·
Pembuatan Objek 3
dimensi merupakan tahap pembuatan objek-objek 3 dimensi yang diperlukan dengan
menggunakan software Blender.
·
Proses Export
merupakan tahap mengubah file objek-objek 3 dimensi berekstensi .blend
menjadi file berekstensi .mesh.
·
Perancangan Aplikasi
merupakan tahap pembuatan aplikasi dengan menggunakan objek-objek yang telah
dibuat.
·
Perancangan Marker
merupakan tahap pengaturan marker-marker yang digunakan serta peletakan
posisi setiap marker.
·
Proses Uji Coba
merupakan tahap pengujian aplikasi yang telah dibuat. Jika masih ada kesalahan,
akan diperbaiki kembali pada tahap perancangan aplikasi. Jika sudah tidak ada
kesalahan, pelaksanaan selesai.
End merupakan
akhir pelaksanaan.
SKEMA APLIKASI
Skema tersebut memperlihatkan alur dari maket
katalog busana yang
terbagi menjadi dua bagian yaitu dalam bentuk fisik (katalog busana) dan aplikasi Augmented Reality dimana keduanya saling
melengkapi. Dapat dilihat juga komponen yang harus dibuat yaitu marker, pattern, dan obyek tiga dimensi. Pada tahap awal, marker akan dibaca dan dideteksi sebagai
sebuah pattern (pola) yang akan
memanggil obyek 3 dimensi sesuai dengan id
dari pattern tersebut sehingga akan
memunculkan video output secara real time, proses tersebut diulang
sehingga satu marker berkorespondensi
dengan satu pattern, dan satu pattern berkorespondensi dengan satu
objek 3 dimesi.
OUTPUT
TAMPILAN KATALOG
-COVER
-ISI
KESIMPULN
Aplikasi Augmented
Reality katalog rancangan busana berbasis desktop telah berhasil
dibuat oleh penulis dengan di tampilkan pada alamat blog berikut:
Dan merupakan media display
yang menarik, seperti
penggunannya pada katalog busana, pengguna dapat melihat hasil rancangan busana
lebih real, serta memberikan kesan interaktif, dan kreatif.
SARAN
Penulis menyadari bahwa
masih banyak kekurangan pada penulisan ini dan masih perlu dilakukan
pengembangan. Pembuatan visualisasi model busana ini masih sederhana, belum
mencapai hasil objek secara nyata. Selain itu objek yang ditampilkan terbatas.
Saran dari penulis,
visualisasi model busana memerlukan pengembangan dalam beberapa hal khususnya
penggunaan software untuk modeling yang khusus untuk mendesain
busana, dan sebaiknya tidak menggunakan kertas yang terlalu mengilap agar
memudahkan dalam proses pendeteksian pola pada marker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar