taman

taman

Selasa, 31 Desember 2013

BAB I

Object Collusion Modelling

ANDRIAN HIDAYAT (59411068)
ANTONIUS ERNEST MARTONO (50411991)
FAIRUZZABADI (58411796)
INTAN PERMATASARI (53411648)

Kata Pengantar

Puja dan Puji Syukur hanya milik Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kasih sayang-Nya kepada penulis untuk menyelesaikan buku berjudul “object Collision Modelling". Penulis juga ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam penyelesaian buku ini.
Pada saat ini, teknologi game dan animasi terus mengalami perkembangan. Animasi atau dalam bahasa inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda menjadi gamar yang hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya ialah menggerakkan objek sehingga tampak lebih dinamis. Dewasa ini, banyak software-software untuk membuat animasi, antara lain : Studio Max, Macromedia, Blender dan lain-lain.
Buku ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih jauh tentang Object Collision Modelling. Penulis sangat menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran baik secara tertulis ataupun secara lisan. Semoga buku ini dapat bermanfaat.
Depok, 31 Desember 2013

1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Pada saat ini, teknologi game dan animasi terus mengalami perkembangan. Animasi atau dalam bahasa inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda menjadi gamar yang hidup.
Animasi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya ialah menggerakkan objek sehingga tampak lebih dinamis. Dewasa ini, banyak software-software untuk membuat animasi, antara lain : Studio Max, Macromedia, Blender dan lain-lain.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah dalam buku ini adalah menjelaskan tentang collision itu sendiri dan bagaimana membuat dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender.

1.3 Batasan Masalah

Batasan masalah dalam buku ini adalah:
  1. Penjelasan tentang Object Collision Modelling.
  2. Membuat dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender, model yang dibuat adalah model yang sederhana.

1.4 Tujuan Penulisan

  1. Mengerti dan memahami tentang Object Collision Modelling.
  2. Membuat dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender, model yang dibuat adalah model yang sederhana.

1.5 Metode Penelitian

Penelitian dilakukan dengan cara menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan membaca buku dan artikel yang berkaitan dengan objek 3D. Hal ini dilakukan untuk pemahaman materi yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas.

1.6 Sistematika Penulisan

Sebagai gambaran singkat tentang pokok pembahasan penulisan ini, Penulis akan menguraikannya dalam beberapa bab, dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini dibahas latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi pembahasan teoritis tentang konsep dasar Object Collision Modelling dan penerapannya dalam aplikasi atau perangkat lunak.

BAB III & IV PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Pada bab ini berisi pembahasan tentang langkah dari proses perancangan pemodelan objek 3D yang akan dibuat dengan Blender beserta implementasi perancangan tersebut kedalam komputer.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang sifatnya mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah disajikan dalam tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar