taman

taman

Sabtu, 29 November 2014

Router dan Security Jaringan



Di pertemuan praktikum jaringan komputer lanjut kali ini kita akan mencoba untuk membuat suatu jaringan menggunakan Router dan Security Jaringan.
Pertama kali membuka aplikasi yang mernama Cisco Packet Tracer kemudian masukkan 6 buah PC, 2 Switch dan 1 Router lalu sambungkan dengan kabel straight seperti gambar dibawah ini


Kemudian buatlah settingan atau konfigurasi IP address pada masing masing PC seperti pada gambar berikut disini karena kita akan membuat 2 router,  maka pada PC yng terhubung dengan router pertama akan dibedakan default gatewaynya dengan router yang lainnya :


Kemudian langkah selanjutnya kita buat konfigurasi pada router agar jaringan dapat saling terhubung.
Berikut ini merupakan settingan CLI pada router:


Mula-mula enable kan terlebih dahulu router yang ingin di setting, serta untuk mengaktifkan terminal router yang ada maka kita bisa ketikkan perintah conf t, yang berfungsi untuk pengaturan pada terminal router. Langkah selanjutnya, apabila ingin mengatur jaringan yang ada pada router, maka perlu ditentukan terlebih dahulu dimana suatu jaringan tersebut berada pada router. Pada laporan ini masing-masing jaringan terdapat pada fa 0/0 danfa 0/1.

Setelah melakukan pengaturan pada router, maka hasil pada simulasi akan berhasil terkoneksi dengan lampu hijau pada jaringan yang mendandakan keberhasilan dalm menghubungkan jaringan yang ada seperti gambar berikut :


Kemudian untuk memastikan jaringan tersebut terhubung dengan baik, dapat dilakukan tes ping pada masing-masing PC dan pengiriman pesan satu dengan yang lainnya sebagai berikut :


Pada laporan ini juga akan dibuat pengaturan kemanan jaringan yang ada dengan mensimulasikannya pada Cisco packet Tracer. Keamanan jaringan yang dibuat adalah dengan menolak pengaksesan jaringan dimana pada suatu computer dengan IP tertentu tidak bisa mengakses keluar jaringan yang berbeda yang dihubungkan olehsebuah router.  Karena dihubungkan oleh router, maka dalam penolakan akses jaringan tersebut dapat diatur pada router yang dilewatinya dengan mengetikkan contoh perintah pada CLI yang ada pada router sebagai berikut :



Arti dari perintah diatas adalah, pada sebuah router akan menolak akses computer denga IP 192.168.1.2 dengan nama interface jaringan 1. Sehingga IP Address tersebut tidak bisa akses keluar jaringan yang terdapat pada router











Tidak ada komentar:

Posting Komentar