Object Collusion Modelling
ANDRIAN HIDAYAT (59411068)
ANTONIUS ERNEST MARTONO (50411991)
FAIRUZZABADI (58411796)
INTAN PERMATASARI (53411648)
Kata Pengantar
Puja dan Puji Syukur hanya
milik Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kasih sayang-Nya kepada
penulis untuk menyelesaikan buku berjudul “object Collision Modelling".
Penulis juga ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian buku ini.
Pada saat ini, teknologi game
dan animasi terus mengalami perkembangan. Animasi atau dalam bahasa
inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan
menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu
objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan
disusun dalam posisi yang berbeda menjadi gamar yang hidup.
Animasi secara umum dapat
didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada
tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak.
Pengertian animasi pada dasarnya ialah menggerakkan objek sehingga
tampak lebih dinamis. Dewasa ini, banyak software-software untuk membuat
animasi, antara lain : Studio Max, Macromedia, Blender dan lain-lain.
Buku ini bertujuan untuk
memberikan informasi lebih jauh tentang Object Collision Modelling.
Penulis sangat menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh
karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran baik secara tertulis
ataupun secara lisan. Semoga buku ini dapat bermanfaat.
1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini, teknologi game
dan animasi terus mengalami perkembangan. Animasi atau dalam bahasa
inggrisnya yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan
menggerakkan benda mati. Animasi tersebut merupakan proses membuat suatu
objek yang awalnya merupakan benda mati, dan kemudian secara berurutan
disusun dalam posisi yang berbeda menjadi gamar yang hidup.
Animasi secara umum dapat
didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada
tenggang waktu tertentu agar tercipta sebuah ilusi gambar yang bergerak.
Pengertian animasi pada dasarnya ialah menggerakkan objek sehingga
tampak lebih dinamis. Dewasa ini, banyak software-software untuk membuat
animasi, antara lain : Studio Max, Macromedia, Blender dan lain-lain.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah dalam buku ini
adalah menjelaskan tentang collision itu sendiri dan bagaimana membuat
dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender.
1.3 Batasan Masalah
- Penjelasan tentang Object Collision Modelling.
- Membuat dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender, model yang dibuat adalah model yang sederhana.
1.4 Tujuan Penulisan
- Mengerti dan memahami tentang Object Collision Modelling.
- Membuat dan merancang suatu objek 3D menggunakan Blender, model yang dibuat adalah model yang sederhana.
1.5 Metode Penelitian
Penelitian dilakukan dengan
cara menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan membaca buku dan
artikel yang berkaitan dengan objek 3D. Hal ini dilakukan untuk
pemahaman materi yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas.
1.6 Sistematika Penulisan
Sebagai gambaran singkat
tentang pokok pembahasan penulisan ini, Penulis akan menguraikannya
dalam beberapa bab, dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dibahas latar
belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan,
metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi pembahasan
teoritis tentang konsep dasar Object Collision Modelling dan
penerapannya dalam aplikasi atau perangkat lunak.
BAB III & IV PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini berisi
pembahasan tentang langkah dari proses perancangan pemodelan objek 3D
yang akan dibuat dengan Blender beserta implementasi perancangan
tersebut kedalam komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar